Selasa, 17 April 2018

soal uts sistem informasi manajemen NO 2



1.menjelaskan sejarah system informasi manajemen,eksistensinya saat ini ,dan perkembangan di masa depan !
·   , konsep sistem informasi telah ada sebelum munculnya komputer. Sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa itu masih digunakan kartu punch, pemakaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi yang kemudian dikenal sebagai sistem informasi akuntansi. Namun demikian para pengguna khususnya dilingkungan perusahaan masih mengesampingkan kebutuhan informasi bagi para manajer. Aplikasi akuntansi yang berbasis komputer tersebut diberi nama pengolahan data elektronik (PDE).Pada tahun 1964, komputer generasi baru memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Untuk mempromosikan generasi komputer tersebut, para produsen memperkenalkan konsep system informasi manajemen dengan tujuan utama yaitu aplikasi computer adalah untuk menghasilkan informasi bagi manajemen. Ketika itu mulai terlihat jelas bahwa komputer mampu mengisi kesenjangan akan alat bantu yang mampu menyediakan informasi manajemen. Konsep SIM ini dengan sangat cepat diterima oleh beberapa perusahaan dan institusi pemerintah dengan skala besar seperti Departemen Keuangan khususnya untuk menangani pengelolaan anggaran, pembiayaan dan penerimaan negara. Namun demikian, para pengguna yang mencoba SIM pada tahap awal menyadari bahwa penghalang terbesar justru datang dari para lapisan manajemen tingkat menengah sampai atas. Perkembangan konsep ini masih belum mulus dan banyak organisasi mengalami kegagalan dalam aplikasinya karena adanya beberapa hambatan, misalnya:       
·          •           kekurangpahaman para pemakai tentang computer ;
•           kekurangpahaman para spesialis bidang informasi tentang bisnis dan peran manajemen           relatif mahalnya harga perangkat komputer, serta
              terlalu berambisinya para pengguna yang terlalu yakin dapatmembangun sistem    informasi secara lengkap sehingga dapatmendukung semua lapisan manajer.
        Sementara konsep SIM terus berkembang, Morton, Gorry, dan Keendari Massachussets Institute of Technology (MIT) mengenalkan konsep baru yang diberi nama Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems - DSS). DSS adalah sistem yang menghasilkan informasi yang ditujukan pada masalah tertentu yang harus dipecahkan atau keputusan yang harus dibuat oleh manajer.Perkembangan yang lain adalah munculnya aplikasi lain, yaitu Otomatisasi Kantor (office automation - OA), yang memberikan fasilitas untuk meningkatkan komunikasi dan produktivitas para manajer dan staf kantor melalui penggunaan peralatan elektronik.            Belakangan timbul konsep baru yang dikenal dengan nama Artificial Intelligence (AI), sebuah konsep dengan ide bahwa komputer bisa diprogram untuk melakukan proses logik menyerupai otak manusia. Suatu jenis dari AI yang banyak mendapat perhatian adalah Expert Systems (ES), yaitu suatu aplikasi yang mempunyai fungsi sebagai spesialis dalam area tertentu. Semua konsep di atas, baik PDE, SM, OA, DSS, EIS, maupun AI merupakan aplikasi pemrosesan informasi dengan menggunakan komputer dan bertujuan menyediakan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (Sutono, 2007).

Eksistensi saat iniSIM saat ini sangat eksis dan banyak digunakan di berbagai bidang karena melihat begitu besar manfaatnya. Di dunia keshatanpun, SIM juga sudah mulai diterapkan yaitu untk mendata data pasien, track record atau riwayat penyakit pasien,dsb. Tidk hanya itu, untuk dunia pertanianpun dan bisnis sudah menerapkan SIM dalam operasinya.



Perkembangan di Masa Mendatang Jika kita lihat bahwa semakin maju dunia,maka semakin tinggi pula kecepatan dari majunya tekhnologi.jika kita acuh atau tertinggal akan kemajuan tekhnologi maka kita akan terlindas oleh jaman. Maka sudah pasti bahwa di masa mendatang, SIM akan lebih marak lagi digunakan dengan tekhnologi yang lebih canggih lagi dari sekarang.
2.jelaskan bagaimana system informasi mengubah bisnis saat ini !
 Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di dunia saat ini berjalan sangat cepat. setiap perusahaan ingin terus meningkatkan kinerja bisnisnya secara luas. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sistem informasi yang tepat yang akan digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan-tujuan perusahaan. Misalkan saja perusahaan kendaraan Toyota. Toyota melihat kesempatan untuk menggunakan sistem informasi untuk meningkatkan kinerja bisnisnyasebagai bagian dari usaha terus-menerus untuk mengawasi kualitas, efisiensi, dan biaya. Toyota dengan cermat telah mengubah proses bisnis untuk menunjang model produksi pembuatan atas pesanan berdasarkan pesanan pelanggan. Dengan menggunakan sistem ini Toyota dapat menurunkan biaya persediaan, karena perusahaan dan penyalur tidak harus membayar untuk pembuatan dan penyimpanan kendaraan yang tidak diinginkan pelanggan. Sistem ini juga memberikan informasi yang dapat membantu manajemen lebih akurat mengawasi tren dan meramalkan permintaan serta kebutuhan produksi.
Kemajuan-kemajuan dalam sistem informasi meningkatkan tren ke arah ekonomi global yang di arahkan oleh pengetahuan, dan organisasi yang ramping dan fleksibelitas dan terdesentralisasi, yang dapat berkoordinasi dengan organisasi lain dalam jarak jauh.
Dalam tahun 2005, lebih dari 40 juta perusahaan memiliki situs internet terintegrasi. Masuknya internet ke dalam sistem komunikasi internasional telah menurunkan biaya operasi pada tingkat global secara drastis. Pelanggan bisa berbelanja secara global, dengan harga dan informasi dengan kualitas andal selama 24 jam. Perusahaan dapat mencapai penurunan biaya yang drastis dengan cara menemukan pemasok biaya terendah dan mengelola fasilitas produksi di negara lain.
Sistem informasi dan teknologi sangat penting bagi perusahaan saat ini. Sistem informasi membantu perusahaan dalam mengefisiensikan operasi perusahaan, membantu menciptakan produk dan jasa baru sebagaimana model bisnis yang benar-benar baru pula, memungkinkan manajer menggunakan data terbaru dari pasar untuk pengambilan keputusan serta sistem informasi membantu perusahaan melakukan sesuatu yang lebih baik dari pesaing, harga lebih murah untuk produk unggulan, dan respon yang cepat terhadap pelanggan dan pemasok, semuanya dapat meningkatkan penjualan dan laba yang tidak bisa diikuti oleh pesaing. Oleh Sebab itu, teknologi dan sistem informasi sangat penting dalam dunia bisnis saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

soal uts sistem informasi manajemen NO 2

1.menjelaskan sejarah system informasi manajemen,eksistensinya saat ini ,dan perkembangan di masa depan ! ·    , konsep sistem infor...